Kuliner

Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba Apabila Berkunjung ke Kepulauan Riau

Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba Apabila Berkunjung ke Kepulauan Riau
Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba Apabila Berkunjung ke Kepulauan Riau

Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba Apabila Berkunjung ke Kepulauan Riau 

Berada di tengah-tengah kebudayaan Melayu, Tionghoa, dan India, wisata kuliner di Kepulauan Riau khusus nya daerah Tanjungpinang dan Batam dihiasi oleh beragam makanan dengan sentuhan cita rasa ketiga budaya tersebut. Makanan khas kepri sangat erat kaitannya dengan negara India dimana dikenal bercitarasa rempah-rempahnya yang sangat dikenal dengan kuah karinya dikarenakan dahulu malaka adalah salah satu pusat perdagangan terbesar dimana para saudagar dari India sedikit banyak mempengaruhi culture budaya,terutama di citarasa makanannya.
Kepulauan Riau sangat di kenal dengan daerah gugusan pulaunya yang lebih dari 70% adalah potensi kelautannya. Maka dari itu, seafood merupakan masakan andalan dari Kepulauan Riau.

 

  • Mie Tarempa

Mie Tarempa atau Mie Siantan berbahan mie kuning dari tepung terigu, telur, kecambah dan potongan ikan laut yang di goreng dengan bumbu cabai serta kecap. Mie Tarempa sangat pas di santap untuk sarapan pagi.

  • Otak-otak

 

Otak-otak adalah makanan yang sangat khas di Tanjungpinang. Sebenarnya dapat di temukan di seluruh wilayah Kepri, tetapi masing-masing daerah memiliki ciri khas rasa tersendiri, demikian halnya dengan otak-otak Tg.pinang. Apabila berkunjung ke Tanjungpinang, jangan sampai luput membelinya untuk dicoba dan dibawa pulang sebagai buah tangan. Otak-otak ini terbuat dari daging ikan pilihan yaitu ikan tenggiri.

  • Roti Jala / Roti Kirai

Roti Jala dikenal sebagai makanan khas Melayu Kepulauan Riau yang disajikan sebagai pendamping kari kambing. Terbuat dari tepung terigu, telur, dan air. Roti ini serupa dengan dadar yang dibentuk menyerupai jala.

  • Nasi Lemak

Secara tradisional, nasi lemak merupakan makanan yang dibungkus daun pisang dengan irisan timun, teri kering kecil, kacang goreng, telur rebus dan sambal pedas pada intinya. Di Kepri, nasi lemak sangat popular dan telah menjadi makanan khas yang banyak di sukai banyak orang. Nasi lemak dijajakan di pasar-pasar, rumah makan hingga kedai kopi bahkan kawasan terpencil pun sehingga sangat mudah di temukan.

  • Mie Lendir

Mie lendir terbuat dari bahan utama mie kuning dengan bahan tambahan sayur tauge, telur, seledri, daun bawang dana cabe rawit. Mie lendir di sajikan dengan pendamping kuah kacang yang kental dan sangat cocok di jadikan sarapan.

  • Gonggong

Kunjungan ke Tanjungpinang serasa belum lengkap terutama bagi penyuka wisata kuliner kalau tidak mencicipi hidangan istimewa yang satu ini. Gonggong yang sekilas mirip keong atau siput ini dikenal sebagai Strombus Canurium (ganus) dan masih tergabung dalam famili atau rumpun Molusca. Makanan laut ini hanya dapat di temukan di perairan di sekitaran Kepulauan Riau termasuk Tanjungpinang. Biasanya di hidangkan dengan cara direbus dan disantap bersama dengan sambal khusu yang memiliki aroma khas.

  • Asam Pedas Sembilang

Sekilas bentuk dan tekstur daging ikan sembilang ini mirip dengan ikan lele. Bedanya ikan lele hidup di air tawar sementara ikan sembilang hidup di laut. Menu khas Melayu ini sangat kental dengan rasa dan aroma segar bumbu rempah kunyit, serai dan lengkuas di samping bawang dan cabai segar.

  • Mie Lakse

Makanan yang terbuat dari bahan utama mie sagu yang di bentuk bundar, banyak di jumpai sebagai jajanan pasar di daerah dabo singkep lingga dan selat panjang dan disajikan dengan kuah rencah bilis di campur santan kental kelapa.

  • Teh Obeng

Jangan kaget apabila tidak menumakan kata es teh manis dalam daftar menu yang ditawarkan oleh kedai ataupun restoran karena di Kepri lebih familiar menyebut nya dengan sebutan ‘teh obeng’. Istilah teh obeng berasal dari kata peng yang dalam bahasa tionghoa bermakna es. Namun kebanyakan masyarakat Melayu lebih sering menyebutnya dengan beng bukan peng seperti kata aslinya. Rasa teh obeng ini sendiri sama halnya dengan es teh manis. Apapun makanannya, teh obeng minumannya,

  • Gulai Siput

Apabila lagi musim siput, selalu masak siput sedut, dengan menggunakan santan dan pucuk ubi sehingga terasa lemak dan lezat.