Breaking News Internasional Umum

AS kerahkan jet tempur untuk mencegat dua pesawat pengebom milik Rusia

AS kerahkan jet tempur untuk mencegat dua pesawat pengebom milik Rusia
AS kerahkan jet tempur untuk mencegat dua pesawat pengebom milik Rusia

AS kerahkan jet tempur untuk mencegat dua pesawat pengebom milik Rusia – Militer Amerika Serikat yang Mengerahkan jet tempur untuk mencegat pesawat pengebom milik Rusia. Pesawat pengebom Rusia itu kedapatan terbang di wilayah udara lepas pantai Alaska.

AS kerahkan jet tempur untuk mencegat dua pesawat pengebom milik Rusia

Seperti yang disampaikan Pentagon atau Departemen Pertahanan AS, Rabu 19/04/2017, dua pesawat pengebom jenis TU-95 Bear itu mengudara di wilayah udara Internasional, namun dekat pantai Alaska yang menjadi wilayah AS, seperti yang dilansir CNN.

AS mengerahkan dua jet tempur jenis F-22 Raptor untuk menghadang dua pesawat tempur Rusia itu dalam insiden yang terjadi pada Senin 17/4/2017 waktu setempat. Jet F-22 Raptor merupakan jet siluman yang mulai digunakan AS sejak tahun 2005. Namun jet tempur ini baru dikerahkan dalam pertempuran melawan kelompok radikal Islamic state Iraq Syria (ISIS) di Suriah pada akhir tahun 2014.

Seorang pejabat militer menyebut pencegatan itu dilakukan secara aman dan profesional. Pencegatan ini terjadi di sekitar lokasi berjarak 160 kilometer dari Pulau Zodiak, setelah pesawat tempur Rusia memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Alaska.

Ditambah lagi pejabat AS itu kepada CNN, tidak ada komunikasi radio kokpit ke kokpit antara pilot AS dengan Rusia dalam insiden itu. Media AS Fox News merupakan yang pertama melaporkan insiden ini.

Beberapa pejabat AS sebut interaksi di udara antara pesawat tempur Rusia dan AS itu sebagai ‘hal yang biasa’. “Tidak jauh berbeda dengan apa yang kita lihat sebelumnya, dengan rasa hormat pada penerbangan jarak jauh Rusia” ucap pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya.

Memiliki pendapat yang berbeda, anggota parlemen AS dari Partai Republik, Adam Kinzinger, yang mewakili negara bagian Illinois menyebut Rusia hanya ingin ‘unjuk gigi’ dengan terbang sangat dekat ke garis pantai AS. Kinzinger menekankan, insiden ini terjadi di tengah ketegangan kedua negara.

“Ini hanyalah aksi pamer kekuatan oleh Rusia untuk memberitahukan┬ákepada kita bahwa mereka masih ada disini,” ucap Kinzinger.

“Upaya untuk bergerak sedekat mungkin, dengan perbatasan internasional kita, untuk melihat bagaimana kita bereaksi.” tandasnya.